Searching...

Pesona Taman Wisata Alam Laut Pulau Weh

Taman Wisata Alam Laut Pulau Weh


Secara administrasi Taman Wisata Alam (TWA) Laut Pulau Weh termasuk Kecamatan Sukakarya, Kotamadya Sabang, Propinsi D.I. Aceh dan dari segi pengelolaan hutannya termasuk Resort Konservasi Sumber Daya Alam Iboih dan masuk pada Sub Balai Konservasi Sumberdaya Alam Propinsi NAD.
Taman Wisata Alam (TWA) Laut Pulau Weh ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pertanian No. 928/Kpts/Um/12/1982 tanggal 27 Desember 1982 seluas 2.600 Ha.

Di Taman Wisata Alam (TWA) Laut Pulau Weh kita bisa menikmati kegiatan seperti menyelam, memancing, selancar dan wisata bawah air sambil melihat terumbu karang yang indah. disini terdapat berbagai macam jenis ikan karang seperti Parrot Fish, Tropet Fish, Dunsel Fish, dan Angel Fish.

Pulau Weh adalah pulau vulkanik kecil yang terletak di barat laut pulau Sumatra. Pulau ini awalnya terhubung dengan pulau Sumatra dan kemudian terpisah oleh laut setelah meletusnya gunung berapi terakhir kali pada zaman Pleistosen. Pulau ini terletak di Laut Andaman. Kota terbesar di pulau Weh, yaitu Kota Sabang, adalah kota yang terletak paling barat di Indonesia.

Pulau Weh terkenal dengan ekosistemnya. Pemerintah Indonesia telah menetapkan wilayah sejauh 60 km² dari tepi pulau baik kedalam maupun keluar sebagai suaka alam. Hiu mulut besar dapat ditemukan di pantai pulau ini. Selain itu, pulau ini merupakan satu-satunya habitat katak yang statusnya terancam. Terumbu karang di sekitar pulau diketahui sebagai habitat berbagai spesies ikan.
Taman Wisata Alam Laut Pulau Weh
Di samping pemandangan alamnya yang indah serta kekayaan sumber daya alamnya yang beragam, di dalam kawasan Taman Wisata Alam Pulau Weh terdapat Tugu Kilometer Nol yang terletak di penghujung Pulau Weh, juga terdapat peninggalan perang dunia ke II yaitu berupa gua-gua alam bekas pertahanan tentara Jepang tersusun, serta Pulau Weh juga merupakan pulau legenda di mana di dalam buku-buku tua disebut sebagai "Golden Island".

Bagi snorkling berpengalaman, Octopus dan Stingrays dapat dilihat di TWA Pulau Weh. Berjemur sinar matahari di pantai dengan pasir yang halus dan putih dapat dilakukan pada pantai yang berseberangan. Tempat ini merupakan surganya turis penggemar snorkel dan selam.Terumbu karang hanya berjarak sekitar 5 meter dari tepi pantai berpasir.

Kegiatan wisata alam yang dapat dilakukan di TWA Laut Pulau Weh adalah kegiatan wisata tirta seperti berselancar, naik sampan, berenang, memancing, serta menyelam untuk menikmati alam bawah air dengan keanekaragaman terumbu karang serta ikan-ikan karangnya yang indah.

Di Taman Wisata Alam (TWA) Laut Pulau Weh, Sabang terdapat terumbu karang, baik karang yang keras maupun karang yang lunak dengan berbagai jenis, bentuk dan warna, yang kesemuanya membentuk gugusan karang yang menarik untuk dinikmati, antara lain karang dengan nama daerahnya karang lupas, karang rusa, karang kerupuk.

Selain terumbu karang, Taman Wisata Alam (TWA) Laut Pulau Weh, Sabang dapat ditemui jenis-jenis ikan karang seperti Angel fish, Tropet fish, Dunsel fish, Sergeon fish, Grope fish, Parrot fish dan lain-lain. Ikan-ikan ini berada di sekitar TWA Laut Pulau Weh dan sebagian merupakan endemik di daerah ini. Selain itu juga banyak ditemukan jenis-jenis ikan ekonomis seperti Tuna, Kakap, Kerapu, Bayan, Pisang-pisangan dan lain-lain.

Beberapa fasilitas yang dapat mendukung kegiatan wisata di Taman Wisata Alam (TWA) Laut Pulau Weh, antara lain : pondok-pondok penginapan di sekitar Iboih yang dibangun oleh masyarakat, shelter, MCK, masjid, kios cendera mata dan hotel yang terdapat di Gapang. Selain itu terdapat berbagai fasilitas yang berada di Pulau Rubiah yang dibangun oleh Dinas Pariwisata Dati I D.I. Aceh antara lain : pusat kegiatan menyelam yang dilengkapi dengan fasilitasnya (perahu motor, peralatan selam), mushola, shelter, MCK, rumah jaga, menara pengintai, jalan setapak, taman dan instalasi listrik.
Taman Wisata Alam Laut Pulau Weh
Taman Wisata Alam Laut Pulau Weh dapat dicapai melalui rute :
1. Banda Aceh – Pelabuhan Krueng Raya Malahayati sejauh 32
km dengan perjalanan darat dapat ditempuh dalam waktu 45
menit.
2. Pelabuhan Krueng Raya Malahayati – Pelabuhan Balohan,
Pulau Weh dengan kapal penyeberangan/ferry yang berangkat
satu kali setiap hari pada jam 09.00 WIB dan menempuh waktu
2 jam.
3. Pelabuhan Balohan – lokasi TWA Pulau Weh dengan
perjalanan darat yang dapat ditempuh 1 jam.

Untuk informasi bisa menghubungi :
Balai KSDA Nangroe Aceh Darusalam
Jl. CuT. Nyak Dhien Km 12 Kotak Pos 29
Banda Aceh 23114
Telp./Fax. [0651] 41943, 41943

Other keyword: pulau we, pulau sabang, Daerah Istimewa Aceh, Nangroe Aceh Darussalam, darusalam, NAD, TWA, Taman Bawah Laut, Diving, Snorkling, Terumbu Karang, Sabang sampai Merauke, Indonesia Raya, Taman Wisata Alam (TWA) Laut Pulau Weh.
[Sumber: forum.vibizportal.com, threeas.wordpress.com, acehbox.com]

 
Back to top!