0 komentar

Keindahan Pulau Tidung

Pulau Tidung
Gugusan pulau seribu, memang sudah terkenal menjadi sebuah wisata alternatif warga ibukota menikmati wisata pantai. Salah satu ikon baru yang menjadi daya tarik baru di pulau seribu yaitu pulau Tidung dengan gugusan pulau-pulau di sekitarnya. Untuk berangkat ke Pulau Tidung ada 3 lokasi pelabuhan yang bisa di jadikan pelabuhan keberangkatan, yaitu Muara Angke, Marina Ancol dan satu lagi di daerah serang.

Pulau Tidung memiliki lebar sekitar hanya 200 meter dan panjang sekitar 5 km, dikelilingi pantai dangkal yang bergradasi putih karena ditumbuhi karang yang nampak kasat mata dan dipenuhi ikan hias pantai yang tak hentinya berlenggok serasa mengibur pandangan mata. Lebih kedepan, nuansa laut berwarna biru kehijauan dan lebih jauh biru dan biru gelap pertanda laut dalam, pantai ini tidak berombak besar karena gugusan karang dan terumbu karang yang mengelilingi mampu menahan ombak, cukup aman untuk berenang.

Pulau Tidung yang selalu siap menyajikan tempat wisata eksklusif bagi warga Jakarta. Terdiri dari dua pulau, yakni Tidung Besar dan Tidung Kecil. Selain menikmati keindahan alam, Anda bisa juga memandangi buah pembangunan yang cukup rapi dan teratur. Yang pasti, kondisi geografis penduduk pulau Tidung menjadikan ragam kegiatan mereka jauh beda dengan penduduk daratan. Kalau sudah puas berkeliling Tidung Besar, perjalanan bisa dilanjutkan ke Tidung Kecil lewat jembatan yang menghubungkan kedua pulau ini. Cobalah berkunjung ke Pulau Tidung yang namanya mulai santer lantaran memiliki keindahan alam.

Di pulau Tidung dapat ditemui perkampungan penduduk yang ramah dan beberapa warung yang menyediakan makanan dan minuman ringan, selanjutnya jalan setapak yang panjang ini ini akan melewati fasilitas umum, seperti kantor polisi yang juga ramah menyapa ramah para wisatawan yang lalu lalang di depannya, sekolah setingkat SMU untuk para pelajar dari pulau sekeliling, kumpulan warung dan menuju ke jembatan panjang yang menghubungkan Pulau Tidung Besar dengan Pulau Tidung Kecil tanpa penduduk. Puskesmas dan kantor kelurahan yang tertata apik dan rapi juga akan dilewati sepanjang perjalanan menelusuri Pulau Tidung.

Di awal jembatan penghubung ini, akan ditemui jembatan yang cukup tinggi untuk melalui suatu cekungan laut yang agak dalam, dimana banyak anak kecil penduduk setempat memperagakan loncat indah dari jembatan sebagai sarana bermain mereka, cukup menghibur para wisatawan dan amat mengundang keinginan untuk bisa bergabung dengan mereka melakukan loncat indah di pantai biru tanpa ombak. Di penghujung jembatan penghubung, menapaki pantai Pulau Tidung Kecil yang merupakan kawasan pengembangbiakan mangrove, masih tampil indah ditelusuri dengan bersepeda, melalui jalan setapak yang dipenuhi dengan ilalang dan pantai sepi yang pasirnya putih lembut, sangat indah pemandangannya.

Pulau Tidung

Peta Pulau Tidung

 
Toggle Footer
Top