0 komentar

Buaian Angin Pantai Nirwana

Selain Pantai Lakeba di Pulau Buton terdapat satu lagi pantai yang tak kalah indahnya yaitu Pantai Nirwana. Pantai ini adalah sebuah kawasan obyek wisata bahari yang terletak di bibir pantai barat Kota Bau-Bau atau sekitar lima belas menit menuju barat jika dari pusat kota, dan dapat ditempuh melalui jalur darat maupun jalur laut. Secara administratif pantai Nirwana ini terletak di Kelurahan Sula, Kecamatan Betoambari.
Selain menikmati indahnya pemandangan pasir yang putih dan lautan warna biru yang bersih, kita juga bisa menikmati pemandangan pembudidayaan rumput laut. Karena di Pantai Nirwana juga banyak petani rumput laut yang beraktivitas.

Tak hanya itu dengan air laut yang jernih dan berwarna kebiruan pantai ini juga sangat cocok untuk melakukan kegiatan penyelaman (diving). Keindahan terumbu karang di Pantai Nirwana menjadi daya tarik tersendiri para turis untuk melakukan kegiatan wisata. Di pantai ini sering dijumpai aktivitas para turis mancanegara melakukan kegiatan diving dan pemotretan bawah laut. Gugusan karang, ikan-ikan dan berjuta biota laut lainnya akan menjadi pemandangan tersendiri bagi siapa saja yang menyaksikannya.

Bagi warga Kota Bau-Bau, Pantai Nirwana tidak hanya sebatas lokasi rekreasi, namun ada yang memanfaatkannya sebagai kegiatan therapy untuk mengobati beberapa jenis penyakit seperti asma dan gangguan saluran pernapasan. Ini hanya dilakukan dengan cara berendam dalam kesegaran air laut Pantai. Meski belum banyak yang mengetahui, namun bagi mereka yang telah mencoba, khasiatnya telah dibuktikan. 

Potensi wisata Pantai Nirwana tak cukup dengan pemandangan pantai dan indahnya terumbu karangnya. Namun, tak jauh dari lokasi pantai, juga terdapat sebuah Gua dengan permandian air payau memanjang sekitar 50 meter. Masyarakat kelurahan Sula menyebutnya Gua Moko yang konon pada masa lalu lokasi ini digunakan sebagai sumber mata air yang dapat digunakan untuk kebutuhan sehari hari karena tak pernah kering. Lokasi gua ini berada pada bagian selatan Pantai Nirwana. Untuk menjangkau lokasi hanya dibutuhkan waktu tak kurang dari 10 menit dengan berjalan menelusuri pantai.

Anda yang berwisata ke Baubau tanpa kendaraan sendiri, dapat mencapai obyek wisata Pantai Nirwana dengan hanya mengeluarkan ongkos Rp 5.000 saja. Sebenarnya, jika Anda menyukai wisata petualangan, Anda dapat menempuhnya dengan jalan kaki. Dengan mengambil rute arah perbukitan Kota Baubau, Anda akan diberi bonus pemandangan pantai Pulau Buton dan Pulau Muna dengan pasir putihnya, sangat jelas terlihat dan tentu mempesona. Banyak hal yang akan Anda temui dari rute tersebut mulai dari peninggalan bersejarah Benteng Keraton Buton yang merupakan benteng terluas di dunia sampai dengan bangunan modern karena di kawasan perbukitan itu pemerintah daerah memusatkan pembangunan perkantoran baru setelah berdiri sendiri sebagai daerah otonom baru, berpisah dari induknya Kabupaten Buton. (teks: berbagai sumber - foto: Flickr)

Pantai Nirwana Buton
Pantai Nirwana Buton
Pantai Nirwana Buton
 
Toggle Footer
Top